Jumat, 21 Desember 2012

Sejarah Singkat Indonesia Era Kemerdekaan sampai Reformasi



Dengan memundurnya keadaan militer Jepang di Indonesia akibat dari kekalahan-kekalahan Jepang di berbagai medan pertempuran, mengakibatkan jepang kehilangan kewibawaannya di mata rakyat Indonesia. Kondisi tersebut membuat jend. Kuniaki Koiso memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia kelak di kemudian hari, dengan tujuan agar rakyat Indonesia tidak melakukan perlawanan. Dalam perjalanannya menyongsong kemerdekaan, dibentuklah BPUPKI dan PPKI.


BPUPKI bertugas merumuskan dasar Negara dan membuat UUD(termasuk pembukaan). Dengan selesainya tugas BPUPKI dibentuklah PPKI. PPKI bertugas memilih presiden dan wakilnya,membentuk KNIP, KNI, PNI, BKR. Namun sebelum proklamasi berkumandang, terjadi peristiwa Rengasdengklok, dimana Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok oleh golongan muda karena perbedaan pendapat,setelh itu terjadilah kesepakatan bahwa Proklamasi Indonesia akan dikumandangkan pada 17 Agustus 1945. Proklamasi proklamirkan pada 17 agustus 1945 pukul 10.00 WIB di rumah Soekarno Jl. Pegangsaan timur no. 56 Jakarta.  Oleh warga Indonesia berita kemerdakaan disebarkan melalui berbagai media.
Diawal kemerdekaan keadaan ekonomi Indonesia memburuk, salah satu penyebabnya adlah blockade ekonomi belanda. Hal ini menyebabkan barang-barang dagangan milik RI tidak dapat diekspor dan hanya dibumuhanguskan. Namun RI juga berusaha mengatasinya, salah satunya usaha menembus blockade Belanda ialah dengan membantu Negara India dalam member bantua beras, sehingga India juga membantu Indonesia. Untuk menindak lanjuti keadaan politik Indonesia  melakukan beberapa kebijakan, diantarannya Pembentukan ParPol, Perubahan otoritas KNIP, Perubahan system Pemerintahan dan pindahnya ibu kota Negara ke DI Yogyakarta. Diawal kemerdekaan Indonesia juga mengalami beberapa konflik, yakni : kedatangan tentara sekutu dan NICA,konflik dengan Belanda di berbagai daerah,Perjuangan diplomasi Indonesia dengan mengadakan perjanjian-perjanjian karena menghadapi serangan agresi militer Belanda. Usaha Belanda untuk kembali berkuasa dihadapi perlawanan yang kuat. Setelah kembali ke Jawa, pasukan Belanda segera merebut kembali ibukota kolonial Batavia, akibatnya para nasionalis menjadikan Yogyakarta sebagai ibukota mereka. Pada 27 Desember 1949, setelah 4 tahun peperangan dan negosiasi, Ratu Juliana dari Belanda memindahkan kedaulatan kepada pemerintah Federal Indonesia. Pada 1950, Indonesia menjadi anggota ke-60 PBB.
Pada tahun 1963, PKI melancarkan sebuah gerakan yang disebut “ aksi sepihak “ para petani dan buruh dibantu olrh kader PKI melakukan alih tanah penduduk, melakukan aksi demonstasi dan pemogokan. Pada tahun 1965 PKI mengajukan gagasan tentang pembentukan angkatan ke-5 yakni para petani dan buruh yang dipersenjatai,dengan tujuanmenggalang kekuatan menghadapi neokolonialisme-imperialisme inggris dalam rangka dwikora. Pada mei 1965 PKI melempar isu tentang adanya dewan jendral dalam tubuh Angkatan Darat yang menyebabkan tidak harmonisnya hubungan antara PKI dan AD. Pada juli 1965 tersiar kabar bahwa presiden soeharto jatuh sakit, hal tersebut menimbulkan kegentingan di Indonesia yang mencapai puncaknya pada 30 September 1965, yaitu adanya kudeta yang dilakukan oleh PKI. Pada 30 September 1965, enam jendral senior dan beberapa orang lainnya dibunuh dalam upaya kudeta yang disalahkan kepada para pengawal istana yang loyal kepada PKI. Panglima Komando Strategi Angkatan Darat saat itu, Mayjen Soeharto, menumpas kudeta tersebut dan berbalik melawan PKI. Soeharto lalu menggunakan situasi ini untuk mengambil alih kekuasaan. Lebih dari puluhan ribu orang-orang yang dituduh komunis kemudian dibunuh. Jumlah korban jiwa pada 1966 mencapai setidaknya 500.000; yang paling parah terjadi di Jawa dan Bali.
                Setelah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia, politik Indonesia memberlakukan Konstitusi RIS (1949) dan UUDS (1950). Indonesia mengadopsi demokrasi liberal dengan system pemerintahan parlementer. Situasi poloyik menjadi tidak stabil karena sering terjadi pergantian cabinet dan pertentangan politik diantara partai-partai yang ada.  Pada pemerintahan liberal terjadi pergantian 7 kabinet, dan hampirsemua cabinet yang dibentuk berdasarkan keahliannya (zaken). Kehidupan ekonomi pada masa liberal masih sangat terbelakang. Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengubah struktur ekonomi colonial ke ekonomi nasional berjalan tersendat-sendat. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan ekonomi, pemerintah juga melakukan beberapa kebijakan, diantaranya: gunting syarifuddin, system ekonomi gerakan benteng, nasionalisasi  De Javasche Bank, system ekonomi Ali baba, Finek. Pemulihan umum pertama dilaksanakan tahun1955 dan merupakan pemilu paling demokratis yang pernah digelar Indonesia. Pemilu dilakukan dua kali, yang pertama  adalah pemilihan DPR dan yang kedua adalah konstituante. Setelah pemilu 1955 terjadi ketegangan dalam pemerintahan. Penyebabnya adlah banyaknya mutasi yang dilakukan beberapa kementrian. Akibat jatuh bangunnya cabinet dan adanya kenyataan bahwa konstituante hasil pemilu 1955 tiak bias menyelesaikan tugasnya, maka presiden mengeluarkan dekret 5 juli 1955. Dan pada masa demokrasi terpimpin dalam rangka meningkatkan perekonomian, pemerintah mengambil beberapa kebijakan, diantaranya, devaluasi mata uang rupiah, menekan laju inflasi dan melaksanakan pembangunan nasional.
                Soekarno melalui Supersemar memerintah soeharto untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu dalam rangka memulihkan keamanan dan mengembalikan kewibawaan pemerintah.Karena terdapat dualisme kepemimpinan yakni presiden ditangan Ir. Soekarno sebagai kepala Negara dan Soeharto sebagai kepala pemerintahan maka MPRS mengadakan sidang. Sidang pada tanggal 2-12 maret 1967 tentang pencabutan seluruh kekusaan Negara dan pemerintahan dari tangan Soekarno. Dan sidang tanggal 21-20 maret berisi tentang pengangkatan Soeharto sebagai presiden sampai pemilu yang akan datang.Setelah Soeharto menjadi Presiden, salah satu pertama yang dilakukannya adalah mendaftarkan Indonesia menjadi anggota PBB lagi. Indonesia pada tanggal 19 September 1966 mengumumkan bahwa Indonesia “bermaksud untuk melanjutkan kerjasama dengan PBB dan melanjutkan partisipasi dalam kegiatan-kegiatan PBB”, dan menjadi anggota PBB kembali pada tanggal 28 September 1966, tepat 16 tahun setelah Indonesia diterima pertama kalinya.Pada 1968, MPR secara resmi melantik Soeharto untuk masa jabatan 5 tahun sebagai presiden, dan dia kemudian dilantik kembali secara berturut-turut pada tahun 1973, 1978, 1983, 1988, 1993, dan 1998.Presiden Soeharto memulai “Orde Baru” dalam dunia politik Indonesia dan secara dramatis mengubah kebijakan luar negeri dan dalam negeri dari jalan yang ditempuh Soekarno pada akhir masa jabatannya. Orde Baru memilih perbaikan dan perkembangan ekonomi sebagai tujuan utamanya dan menempuh kebijakannya melalui struktur administratif yang didominasi militer namun dengan nasehat dari ahli ekonomi didikan Barat. Selama masa pemerintahannya, kebijakan-kebijakan ini, dan pengeksploitasian sumber daya alam secara besar-besaran menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang besar namun tidak merata di Indonesia.
                Runtuhnya pemerintahan Soeharto pada tanggal 21 Mei 1998 yang disertai dengan tuntutan demokratisasi disegala bidang serta tuntutan untuk menindak tegas para pelaku pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) telah menjadikan perubahan di Indonesia berlangsung dengan akselarasi yang sangat cepat dan dinamis. Situasi ini menuntut bangsa Indonesia untuk berusaha mengatasi kemelut sejarahnya dalam arus utama perubahan besar yang terus bergulir melalui agenda reformasi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan runtuhnya kekuasaan Orde Baru di bawah kepemimpinan Soeharto, diantaranya, krisis politik,krisis hokum, krisis ekonomi,krisis social dan krisis kepercayaan.
Soeharto mengumumkan pengunduran dirinya didampingi B.J. Habibie.Pada pertengahan 1997, Indonesia diserang krisis keuangan dan ekonomi Asia (untuk lebih jelas lihat: Krisis finansial Asia). Rupiah jatuh, inflasi meningkat tajam, dan perpindahan modal dipercepat. Di tengah gejolak kemarahan massa yang meluas, serta ribuan mahasiswa yang menduduki gedung DPR/MPR, Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998, tiga bulan setelah MPR melantiknya untuk masa bakti ketujuh. Soeharto kemudian memilih sang Wakil Presiden, B. J. Habibie, untuk menjadi presiden ketiga Indonesia. Ketika menjabat sebagai presiden, ada lima isu besar yang harus dihadapi B.J. Habibie, yakni masa depan reformasi, BRI, daerah-daerah yan ingin memisahkan diri, soeharto dan kroni-kroninya dan masa depan perekonomian dan kesejahteraan rakyat.  Namun pada tahun1999 Timor-Timur memisahkan diri dari NKRI. Sebagian berpendapat bahwa lepasnya Timor Timur adalah tanggung jawab Habibie. Dan pada pemilu 1999 terpilihlah K.H. Abdurrahman Wahid sebagai presiden yang ke-4. Dengan wakilnya Megawati Soekarno Putri, Gus dur bekerja sama membentuk cabinet Persatuan Nasional. Setelah turunnya Gus dur dari kursi kepresidenan. Megawati naik menjadi presiden yang ke-5. Dalam pemerintahannya, pulau sipadan dan ligitan lepas ke tangan Malaysia, Papua pecah menjadi 3 provinsi. Pada pemilu 2004, Megawati dikalahkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono dengan wakilnya Jusuf Kalla. SBY-JK membentuk Kabinet Indonesia Bersatu, anggota-anggotanya dilantik pada 21 oktober 2004. Salah satu kebijakan SBY ialah soal Aceh. SBY memperpanjang status darurat sipil dan mengadakan perundingan damai dengan GAM di Helsinki, Finlandia. Pada tahun pemilu 2009, SBY kembali mencalonkan diri menjadi presiden periode 2009-2014 dengan wakilnya Budiona. Sedang JK juga mencalonkan diri menjadi presiden. Namun pemilu 2009 dimenangkan olo\eh SBY-Budiono dengan pero\iode jabatan 2009-2014.



Alhamdulillah... Nafis udah bisa posting lagi, kekeke. Di postingan kali ini, Nafis mau sharing tentang sejarah singkat Kemerdekaan Indonesia sampai masa Reformasi. Sebernarnya ini tugas sejarah, berhubung Nafis pernah iseng browsing dan nggak ketemu, akhirnya Nafis posting. Ini asli ringkasan Nafis sendiri looohh....

this post by : Nafisa_Han 

10 komentar:

  1. Terima kasih infonya sekarang belajar lebih gampang

    BalasHapus
  2. Tampletnya harap di ubah karna begrounnya membuat tulisan menjadi tidak jelas

    BalasHapus
  3. Keren gan,,makasih atas ilmu yg bermanfaat ini

    BalasHapus
  4. Makasih gan ilmunya bermanfaat bgt

    BalasHapus
  5. Terimakasih banyak yah ka Nafis, skrg udah ngk susah susah lgi nyari Masa kemerdekaan sampai reformasi skli lgi makasi banyak yah jdi ngak d hukum lgi sm Guru wkwkwkk
    😅😅

    BalasHapus
  6. Makasih kak nafis...
    Lain kali aku coba meringkas kyak kkak deh..biar gk slalu ngandalin google

    BalasHapus
  7. Makasih kak nafisa.ilmunya sangat bermanfaat

    BalasHapus

Leave Your Comment Please...