Senin, 19 Mei 2014

Review Film Documenter --- American History of Civil War---




Berikut uraian singkat mengenai perang sipil di benua Amerika yang terjadi antara tahun 1861 sampai dengan 1865. Hebatnya perang ini memunculkan berbagai macam teknologi baru, mulai dari penggunaan kereta api yang meluas di daratan amerika utara, penggunaan telegram sebagai alat komunikasi, hingga kecanggihan peluru yang diimpor dari Inngris dan diselundupkan sebagai minni ball. mungkin review ini kurang lengkap*namanya juga review * dikarenakan film documenter ini tanpa subtitle dan asli menggunakan bhs Inggris. Meskipun ini adalah tugas kelompok di matakuliah historiografi umum, namun bahasa Inggris kami masih sangat kurang jika harus berhadapan langsung dengan film tanpa subtitle. and than.... check this out ^^


Judul Film                   : American History Civil War History Documentary
Produsen                     : NUTOPIA For HISTORY
Narator                        : Liev Schreiber
Tahun Pembuatan       : 2010
Uraian Singkat            :
Civil War adalah perang kependudukan yang terjadi di Amerika antar  Amerika bagian Selatan dan Amerika bagian Utara, yang terjadi pada tahun 1861 sampai 1865. Sekelompok negara bagian sealatan ingin merdeka sedangkan pemerintah dan negara-negara bagian Utara ingin menjaga Amerika Serikat tetap utuh. Perang tersebut terjadi antara pemerintahan Amerika Serikat (AS Union) dengan Konfederasi Amerika.
Selama perang berlangsung kemajuan teknologi persenjataan sudah maju, peluru yang digunakan dalam perang tersebut merupakan bahan impor dari Inggris, yang diselundupkan di dalam kotak yang menempuh jarak 800 mil dan menghabiskan waktu 2 bulan. Daya perusak dari peluru tersebut bisa mengahncurkan tulang dan menembus daging, dan dengan dalam waktu yang singkat dapat membunuh korban secara cepat.
Ditengah-tengah peperangan banyak korban tewas dari pihak Konfederasi Amerika, dan itu menimbulkan rasa takut yang menyelimuti tentara lainnya. Sehingga mereka menuliskan dalam sebuah catatan yang berisi tentang kondisi perang saat itu.
Pada tanggal 18 Agustus 1862 pasukan tentara Union Amerika Serikat menempuh perjalanan ke arah Selatan untuk berperang melwan Konfederasi Amerika, sebelum menempuh perjalanan tersebut diadakan voting bagi tentara yang siap mati. Pada tahun 1862 terjadi pertempuran ke dua, dimana dalam pertempuran itu Konfederasi menyambut tantangan (perang) dari Union Amerika Serikat. Tentara Union mempersiapkan senjata untuk berperang. Abraham Lincoln merupakah tokoh yang mendukung pengahpusan perbudakan yang terjadi di Amerika.
Pada masa itu sudah ada teknologi yang modern seperti pemakaian telegram, kereta uap yang digunakan mensuplai 860.000 bahan makanan. Kemajuan teknologi tadi didukung dengan pembuatan rel kereta api oleh AS Union sepanjang 400 mil. Terjadi musim dingin yang berkepanjangan pada tahun 1863. Pada tahun 1844 telegram sudah menjadi media utama dalam berkomunikasi. Jika ingin membaca telegram tersebut harus melalui seorang ahli pembaca telegram, yang diterjemahkan kata demi kata. Salah satu pembacanya adalah Linkin Hebel.
Jaringan telegram di Amerika Utara mulai berkembang dan tersebar hampir diseluruh bagian Amerika Utara. Abraham Lincoln menggunakan media telegram untuk mengetahui kondisi keadaan di tempat lain. Korban yang selamat dalam perang pada tahun 1862 dibawa ke pusat kesehatan untuk menjalani perawatan medis, yaitu dengan mengambil peluru, mengamputasi kaki karena menjalarnya bakteri pada tubuh. 
Kemudian setelah 25 tahun terjadinya perang, muncul foto-foto perang saudara dalam koran  yang diabadikan oleh Stephen Johnson yang diterbitkan sebanyak 100 juta cetakan. Pada tahun 1863 Abraham Lincoln mengeluarkan dekrit presiden mengenai penghapusan perbudakan. Pada hari pertama bulan Januari peneta menyatakan bahwa mereka (para budak) terbebas dari perbudakan. Pada tahun 1864 perang kembali terjadi, dan menimbulkan banyak korban jiwa. Dan pada tahun 1865, perbudakan di Amerika benar-benar dihapuskan dan diakhirilah perang saudaa tersebut.
     
 Kesimpulan                :
Penyebab terjadinya perang saudara di Amerika adalah kepentingan Industrialis di Utara dan para petani di Selatan. Sekelompok negara bagian sealatan ingin merdeka sedangkan pemerintah dan negara-negara bagian Utara ingin menjaga Amerika Serikat tetap utuh sehingga menyebabkan pecahnya perang sipil selama 4 tahun yaitu mulai tahun 1861-1865. Di dalam perang saudara tersebut muncul penemuan-penemuan persenjatan yang baru dan pengobatan yang lebih modern, kemajuan telegram yang digunakan sebagai alat komunikasi  utama.
Salah satu tokoh yang menghapus perbudakan di Amerika adalah Abraham Lincoln yang saat itu menjabat sebagai presiden. Akhir dari perang saudara di Amerika adalah penghapusan perbudakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave Your Comment Please...